Jakarta, AutonetMagz – Rupanya Yamaha tidak mau
ketinggalan untuk mendominasi pasar motorsport atau yang dikenal dengan
nama “Moge” di Indonesia. Hari Jum’at minggu depan, Yamaha akan
meluncurkan motor-motor moge mereka di Indonesia dengan mengusung tema ‘Yamaha CBU – Mark of Origin’.
Tujuan Yamaha Indonesia meluncurkan motor ini tidak lain untuk
menyaingin Ducati dan Kawasaki yang telah lebih dahulu mengeluarkan line-up
motor sport ber cc besar. Ada 4 motor yang akan mereka luncurkan. Nah,
salah satu motor yang akan mereka boyong pada hari Jumat besok adalah
Motorsport Yamaha YZF-R6 yang memiliki mesin 600 cc.
Yamaha R6 memiliki desain bodi yang cukup besar karena menggondol
mesin 4 silinder. Bodi depannya dibuat aerodinamis dengan dua buah lampu
depan yang berdesain dinamis. Fairing depan motor ini dibuat minimalis tanpa lekukan ekstrim untuk memberikan kesan streamline. Nah pada model buntutnya, kita akan menemukan model “nangkring” khas motorsport Yamaha terbaru yang lebih sporty.
Yamaha membekali motor ini dengan dua buah piringan cakram pada ban
depan, masing-masing rem cakram dibekali dengan sebuah kaliper dua
piston yang cukup besar. Sedangkan pada roda belakang, motor ini hanya
memiliki satu buah piringan cakram. Sasis motor ini menggunakan model
sasis Deltabox dengan bahan alumunium yang sangat rigid untuk menjamin ketajaman ketika berbelok.
Motor ini memiliki suspensi depan model upside-down yang dapat di stel sesuai dengan keinginan pengemudi, dan suspensi monoshock
belakang pun juga dapat di stel secara manual dengan jarak travel 120
mm. Ban depan motor ini cukup besar dengan ukuran 120/70 velg R17 dan
ban belakang berukuran 180/55 R17.
Soal mesin, Yamaha tidak pelit dalam memberikan spesifikasi mesin
Yamaha YZR-R6 ini. Jika saat ini produsen motorsport mencoba mengurangi
jumlah silinder untuk menghemat ongkos produksi, Yamaha justru
memberikan mesin 4 silinder seperti mesin mobil di Yamaha R6 ini. Dengan
mesin liquid cooled, DOHC 4 silinder inclined parallel
ini mampu mengeluarkan tenaga lebih besar dari Honda Jazz yang memiliki
tenaga 120 Ps. Yamaha R6 ini memiliki tenaga hingga 123.7 Ps pada
14.500 Rpm.
Tenaga mesin tersebut diperoleh lewat teknologi Moto GP yang
diaplikasikan di motor ini. Yamaha R6 menggunakan ECU dari motor Moto GP
Yamaha yang dinamakan YCC-T. Tidak hanya itu, teknologi balap Yamaha
juga menular ke bagian transmisi lewat race developed slipper clutch 6 percepatan. Dengan transmisi ini perpindahan gigi Yamaha R6 lebih halus tanpa jeda dan tentunya tanpa slip kopling.
Yamaha R6 Indonesia nantinya akan memiliki spesifikasi yang sama
dengan motor yang dijual Yamaha di belahan dunia lain, dalam artian
sepertinya tidak ada ubahan spesifikasi untuk menyesuaikan kondisi medan
tanah air. Apalagi motor ini merupakan motor CBU yang langsung diimpor
dari luar negeri. Makin mantap aja nih!
Tags : Yamaha R6 Indonesia, 2014 Yamaha R6, Yamaha R6 2014, Yamaha R6 versi Indonesia,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar